Pengaruh Video Animasi terhadap Keterampilan Berhitung Anak Usia Dini
Keywords:
Matematika , Anak Usia DIni, Video AnimasiAbstract
Kurangnya kemampuan anak-anak dalam berhitung disebabkan oleh kurangnya sumber belajar yang memungkinkan pembelajaran mandiri. Selain itu, anak-anak merasa belajar itu tidak menarik dan membosankan. Perlu adanya inovasi dalam metode pembelejaran sehingga dapat meningkatkan keterampilan berhitung siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk membuat media pembelajaran video animasi yang dapat membantu anak-anak usia dini lebih baik dalam keterampilan berhitung dasar seperti pengenalan angka, penjumlahan sederhana, dan pengurangan sederhana. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan melakukan pendekatan dan menggunakan model ADDIE. Metode yang digunakan untuk megumpulkan data yaitu metode kualitatif dengan cara wawancara, observasi, dan studi pustaka. Hasil penelitian ini disajikan dengan tahapan tahapan model ADDIE seperti analisis, desain, pengembangan, penerapan, dan evaluasi. Hasil kuesioner yang dijawab menunjukkan keterampilan berhitung sebagian besar siswa meningkat. Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran video animasi pada anak usia dini dapat meningkatkan keterampilan berhitung siswa serta dapat meningkatkan minat belajar siswa.
Downloads
References
F. (2017). Pendidikan Anak Usia Dini dalam Perspektif Islam. Ta Dib : Jurnal Pendidikan Islam, 6(2), 308–320. https://doi.org/10.29313/tjpi.v6i2.3195
Annisa, E. N., Supriyati, Y., & Nurani, Y. (2020). Peningkatan Pemahaman Berhitung dan Kardinalitas melalui Penggunaan Media Rangkasbitung. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 665. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.441
Antika, H., Priyanto, W., & Purnamasari, I. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Animasi Sandisko Dengan Model Somatic Auditory Visualization Intellectually Terhadap Hasil Belajar Tema Kebersamaan Kelas 2. Mimbar Ilmu, 24(2), 247. https://doi.org/10.23887/mi.v24i2.21288
Awalia, I., Pamungkas, A. S., & Alamsyah, T. P. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Animasi Powtoon pada Mata Pelajaran Matematika di Kelas IV SD. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 10(1), 49–56. https://doi.org/10.15294/kreano.v10i1.18534
Delfia, E., & Mayar, F. (2019). Penanaman Konsep Berhitung Anak melalui Permainan Pencocokkan Kepingan Buah. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 350. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.350
Maqfiroh, D. N. M., Khutobah, K., & Budyawati, L. P. I. (2020). Pengembangan Media Motif (Monopoli Edukatif) Dalam Pembelajaran Berbasis Multiple Intelligence Pada Anak Tk Kelompok B. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia
Dini, 11(1), 65–74. https://doi.org/10.17509/cd.v11i1.24230
Nasution, N., Yaswinda, Y., & Maulana, I. (2019). Analisis Pembelajaran Berhitung melalui Media Prisma Pintar pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 240. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.311
Qumillaila, Q., Susanti, B. H., & Zulfiani, Z. (2017). Pengembangan Augmented Reality Versi Android Sebagai Media Pembelajaran Sistem Ekskresi Manusia. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 36(1), 57–69. https://doi.org/10.21831/cp.v36i1.9786
Rahayu, N. (2020). Hasil Karya Siswa Sebagai Penilaian Autentik Berbasis Kelas Di Kelompok B Usia 5-6 Tahun Tk an-Nur 1 Yogyakarta. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 11(1), 23–29. https://doi.org/10.17509/cd.v11i1.17279
Ratna Dewi, N. W. U., Asril, N. M., & Wirabrata, D. G. F. (2021). Meningkatkan Kemampuan Berhitung Permulaan pada Anak Usia Dini Melalui Video Animasi. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(1), 99. https://doi.org/10.23887/paud.v9i2.36800
Rosmiati, M. (2019). Animasi Interaktif Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Inggris Menggunakan Metode ADDIE. Paradigma - Jurnal Komputer Dan Informatika, 21(2), 261–268. https://doi.org/10.31294/p.v21i2.6019
Sari, N. M., Yetti, E., & Hapidin, H. (2020). Pengembangan Media Permainan Mipon’s Daily untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 831. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.428
Siddiq, Y. I., Sudarma, I. K., & Simamora, A. H. (2020). Pengembangan Animasi Dua Dimensi Pada Pembelajaran Tematik Untuk Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Edutech Undiksha, 8(2), 49. https://doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28928
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Hendri Nurrochim
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
- JME : Jurnal Mathematics Education menerapkan lisensi Creative Commons Attribution (CC BY) untuk artikel-artikel yang diterbitkan. Lisensi ini memberikan izin kepada pengguna untuk menggunakan, mendistribusikan, dan memodifikasi konten dengan syarat mencantumkan sumbernya dengan jelas.
- Ketentuan Utama:
- Penggunaan: Pengguna diizinkan untuk menggunakan, mendistribusikan, dan memodifikasi artikel asalkan mencantumkan atribusi yang sesuai.
- Distribusi: Artikel dapat didistribusikan secara bebas tanpa batasan berlangganan atau biaya.
- Modifikasi: Artikel dapat dimodifikasi atau diadaptasi dengan tetap mencantumkan sumber aslinya.
- Transparansi: Informasi tentang lisensi CC BY disampaikan dengan jelas kepada penulis, pembaca, dan pihak terkait untuk memastikan pemahaman yang tepat tentang hak dan kewajiban dalam menggunakan konten.
- Manfaat: Lisensi ini mendukung akses terbuka yang lebih luas, pertukaran pengetahuan yang lebih bebas, dan kolaborasi yang lebih aktif dalam komunitas ilmiah.
Dengan menerapkan lisensi Creative Commons Attribution (CC BY), Journal Mathematics Education memberikan fleksibilitas kepada pembaca, peneliti, dan praktisi untuk menggunakan dan menyebarkan pengetahuan yang dipublikasikan secara adil dan transparan.