Penerapan Media Pembelajaran Ular Tangga Berbasis Genially untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa di Bimbel Triwala Kuningan
Keywords:
Media Pembelajaran, Ular Tangga, Genially, Minat BelajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan media pembelajaran ular tangga berbasis Genially berdampak dalam meningkatkan minat belajar siswa di Bimbingan Belajar (Bimbel) Triwala Kuningan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif yang menggunakan metode pre-eksperimental dengan desain one group pretest-posttest. Objek dalam penelitian ini adalah siswa kelas 2 SD dengan jumlah 7 siswa yang mengikuti Bimbel Triwala Kuningan. Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan inferensial dengan bantuan software SPSS versi 29 for windows. Hasil uji paired samples t-test didapatkan bahwa nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,001 lebih kecil 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang nyata antara sebelum dan sesudah penerapan media pembelajaran ular tangga berbasis Genially. Dengan kata lain, penerapan media pembelajaran ular tangga berbasis Genially memiliki pengaruh signifikan terhadap peningkatan minat belajar siswa.
Downloads
References
Baiquni, I. (2016). Penggunaan media ular tangga terhadap hasil belajar metematika. 01(02), 193–203.
Faradila, S. P., & Aimah, S. (2018). Analisis Penggunaan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa di SMA N 15 Semarang. 1(2005), 508–512.
Faturrokhman, R. (2024). MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MENINGKATKAN KETERLIBATAN. 2(4), 713–721.
Hariani, P. P., Wiranda, A., & Sihotang, I. M. (2021). Analisis Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Dengan Media Pembelajaran Ular Tangga Terhadap Minat Belajar. Liabilities (Jurnal Pendidikan Akuntansi), 4(1), 38–49. https://doi.org/10.30596/liabilities.v4i1.7496
Ilham, A., Rivai, S., Abdullah, G., & Basalamah, N. (2023). Pengaruh Media Ular Tangga Terhadap Minat Belajar Matematika Pada Siswa Kelas III Di SDN 2 Telaga Jaya. Jurnal Matematika, 3(4), 903–914. http://ejurnal.pps.ung.ac.id/index.php/dikmas
Ilmiah, Ridfah, A., & Dewi, E. M. P. (2022). Efektivitas Media Permainan Ular Tangga pada Pembelajaran Matematika Trigonometri untuk Meningkatkan Minat dan Motivasi Belajar Siswa. METAPSIKOLOGI: Jurnal Ilmiah Kajian Psikologi, 1(1), 22–29. https://doi.org/10.0000/xxxxxx-xxx-0000-0
Marti’in. (2019). Analisis Tentang Rendahnya Minat Belajar Peserta Didik Kelas Xi Sma Negeri 5 Pontianak. Universitas Tanjungpura , 1–8.
Ni’mah, N. K., Warsiman, W., & Hermiati, T. (2022). Upaya Meningkatkan Minat Belajar Siswa Melalui Media Genially Dalam Pembelajaran Daring Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas X Sma Negeri 5 Malang. Jurnal Metamorfosa, 10(1), 1–10. https://doi.org/10.46244/metamorfosa.v10i1.1731
Rinjani, S. (2024). Implementasi Media Genially dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Bagi Mahasiswa PBSI UIN Jakarta. DIAJAR: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(1), 57–64. https://doi.org/10.54259/diajar.v3i1.2345
Slameto. (2010). Belajar dan Faktor yang mempengaruhinya. Rineka Cipta.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Dea Sekar Ayu Febriani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
- JME : Jurnal Mathematics Education menerapkan lisensi Creative Commons Attribution (CC BY) untuk artikel-artikel yang diterbitkan. Lisensi ini memberikan izin kepada pengguna untuk menggunakan, mendistribusikan, dan memodifikasi konten dengan syarat mencantumkan sumbernya dengan jelas.
- Ketentuan Utama:
- Penggunaan: Pengguna diizinkan untuk menggunakan, mendistribusikan, dan memodifikasi artikel asalkan mencantumkan atribusi yang sesuai.
- Distribusi: Artikel dapat didistribusikan secara bebas tanpa batasan berlangganan atau biaya.
- Modifikasi: Artikel dapat dimodifikasi atau diadaptasi dengan tetap mencantumkan sumber aslinya.
- Transparansi: Informasi tentang lisensi CC BY disampaikan dengan jelas kepada penulis, pembaca, dan pihak terkait untuk memastikan pemahaman yang tepat tentang hak dan kewajiban dalam menggunakan konten.
- Manfaat: Lisensi ini mendukung akses terbuka yang lebih luas, pertukaran pengetahuan yang lebih bebas, dan kolaborasi yang lebih aktif dalam komunitas ilmiah.
Dengan menerapkan lisensi Creative Commons Attribution (CC BY), Journal Mathematics Education memberikan fleksibilitas kepada pembaca, peneliti, dan praktisi untuk menggunakan dan menyebarkan pengetahuan yang dipublikasikan secara adil dan transparan.